LPM-JK FEB UNLAM

LEMBAGA PERS MAHASISWA

JURNAL KAMPUS

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

JKSEJARAH

Dewasa ini, pers mahasiswa bukan hanya media pembelajaran mahasiswa, namun juga sebagai media penyampai aspirasi untuk kehidupan kampus dan masyarakat yang lebih baik. Memberikan opini akan sebuah paradigma yang mengarahkan persepsi dan menghasilkan suatu tindakan, entah itu tindakan baik atau buruk, tergantung dari pengelolaan pers mahasiswa itu sendiri.
Keberadaan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) di lingkungan kampus memiliki peran yang cukup penting. Peran tersebut dapat dilihat dari beberapa fungsinya yang sebagai sarana / media yang memberikan informasi seputar kampus atau informasi yang berhubungan dengan dunia kemahasiswaan serta sebagai proses pendidikan dan pembelajaran di bidang jurnalistik bagi mahasiswa yang terlibat di dalamnya.
Lembaga Pers Mahasiswa – Jurnal Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat (LPM – JK FEB UNLAM) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNLAM. LPM – JK FEB UNLAM secara struktural berada di bawah naungan institusi Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat, namun dalam pelaksanaan kegiatannya bersifat independen.
LPM – JK FEB UNLAM adalah sebagai wadah para mahasiswa menuangkan ide dan hasil olah pikirnya, serta menyajikan informasi yang bermutu, baik yang berhubungan dengan dunia kemahasiswaan secara umum maupun informasi khusus di bidang ekonomi. Namun hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah dicapai, tetapi bukan pula hal yang mustahil untuk dicapai. Melalui suatu sistem pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik seperti diklat jurnalistik, seminar, dan sharing antar Pengurus atau antar LPM, maka akan diperoleh SDM yang idealis,independen,adil,akurat,aspiratif,kritis dan kreatif.
LPM – JK FEB UNLAM didirikan pada tanggal 6 Desember 1996 dengan nama awal Lembaga Pers Mahasiswa – Kajian Orang Ekonomi (LPM – KOREK). Pada awal tahun 2001 LPM-KOREK berganti nama menjadi Lembaga Pers Mahasiswa – Jurnal Kampus hingga saat sekarang ini. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa nama “KOREK” kurang mencerminkan suatu Lembaga Pers Mahasiswa yang berada dilingkungan kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis, sehingga atas kesepakatan bersama dipilihlah nama “Jurnal Kampus”.

VISI

Visi LPM-JK FEB UNLAM adalah menjadi Lembaga Pers Mahasiswa terkemuka yang berkualitas dan berdaya saing.

MISI

Misi LPM-JK FEB UNLAM:
1. Menyalurkan informasi yang aktual, positif, dan membangun kepada Civitas Akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat pada khususnya serta masyarakat pada umumnya.
2. Memfasilitasi kreatifitas jurnalistik di lingkungan kampus.
3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang beretika dan cerdas dalam kepengurusan LPM-JK FEB UNLAM.
4. Menjadikan pengurus sebagai insan yang berprestasi dalam jurnalistik.

TUJUAN

Tujuan LPM-JK FEB UNLAM:
1. Mendorong mahasiswa menjadi insan yang kreatif sebagai penggerak perubahan ke arah yang lebih baik.
2. Berpartisipasi menyumbangkan karya dan pikiran dalam membentuk paradigma kehidupan yang lebih baik bagi civitas akademika dan masyarakat.

FUNGSI

Fungsi LPM-JK FEB UNLAM:
1. Wadah aktivitas kemahasiswaan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat yang bergerak dalam bidang jurnalistik dan pers mahasiswa.
2. Sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial di kalangan civitas akademika dan masyarakat.

TUGAS

Tugas LPM-JK FEB UNLAM:
1. Meningkatkan wawasan dan kemampuan jurnalistik para pengurus dan calon pengurus LPM-JK FEB UNLAM.
2. Menyajikan informasi yang akurat dan berimbang tentang fakta serta opini terkini kepada civitas akademika FEB UNLAM pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
3. Menumbuhkan sifat kritis dan analitis bagi civitas akademika FEB UNLAM pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

SASARAN

Sasaran LPM-JK FEB UNLAM:
1.    Menciptakan dan meningkatkan budaya jurnalistik bagi seluruh pengurus dan calon pengurus LPM-JK FEB UNLAM.
2.    Menyediakan  sumber daya yang mendukung kegiatan – kegiatan LPM-JK FEB UNLAM.
3.    Mengoptimalkan pemanfaatan dana untuk menunjang program kerja LPM-JK FEB UNLAM.
4.    Penerbitan media informasi secara berkala.
5.    Menjadikan LPM-JK FEB UNLAM sebagai organisasi yang memiliki citra positif di mata Civitas akademika dan masyarakat.
6.    Membawa nama baik almamater Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat

Flurry_Google_BloggerRedaksijurnalkampus.blogspot.com

facebook-256JurnalKampus

Twitter-icon@JurnalKampus

Instagram-logo-005@JurnalKampus